image
5 Tips Pemakaian Retinol Untuk Pemula

5 Tips Pemakaian Retinol Untuk Pemula

5-Tips-Pemakaian-Retinol-Untuk-Pemula

BeautieSS sudah sering dengar retinol, dong? Salah satu bahan aktif yang ampuh melawan waktu (asik!). Yes, retinol adalah bahan aktif anti aging yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan serta garis halus, dark spot di kulit wajah dan kulit kusam. Biasanya, nih, kalau udah cocok, bakalan dapat bonus berupa glass skin alias kulit jadi kinclong maksimal bak Seo Dal Mi, hahaha, kejauhan, nggak, halunya?

Tapi, sebelum menjawab rasa penasaran sama retinol, kita perlu tahu, bahwa bahan aktif yang satu ini nggak bisa sembarangan digunakan. Dari Youtube Mbak Affi Assegaf, salah satu suhu per-skincare-an, ada 5 hal penting yang perlu kita pahami ketika ingin mencoba produk dengan kandungan retinol.

1.Tanya dulu sama diri sendiri, kita butuh retinol, atau tidak?

Menurut Mba Affi, “Bukan karena retinol sekarang lagi populer, jadi kita semua harus pakai, ya!” Karena kebutuhan setiap orang tentu berbeda, semua kembali lagi ke jenis kulit yang kita miliki. Retinol sendiri direkomendasikan untuk digunakan oleh mereka yang berusia 25 tahun ke atas. Kalau masalah kulit BeautieSS di sekitar kerutan, garis halus, dark spot, kulit mulai kendur, dan jerawatan, mungkin butuh retinol. Kalau masalahnya lain dari yang disebutkan ini, mungkin memang belum butuh retinol atau bisa menggunakan kandungan aktif lain, seperti AHA, BHA, niacinamide dan lain-lain. 

2.Kenali dulu apa itu retinol dan bagaimana cara kerjanya

Retinol adalah kelompok dari retinoid yang merupakan turunan atau derivative dari vitamin A. Selain retinol, ada retinol esters, retinaldehyde, retinoid acid esters, adapalene, dan retinoic acid. Masing-masing memiliki tingkatan yang berbeda, baik dari efek sampai potensinya untuk mengiritasi kulit. Fungsi retinoid adalah menstimulasi produksi kolagen dan elastin, mempercepat pergantian sel kulit, mengurangi produksi sebum, mencegah timbulnya hiperpigmentasi, dan sebagai antioksidan. Retinol merupakan yang paling mild untuk digunakan dalam produk skincare.

3.Start slow!

Tidak perlu langsung memilih yang kandungannya paling “kenceng” atau menggebu-gebu mengaplikasikan retinol setiap hari, apalagi bila kita sedang mencoba retinol untuk pertama kalinya. Cobalah secara bertahap, 2-3 kali seminggu, sambil memantau reaksinya terhadap kulit. Sebaiknya hindari pula penggunaan skincare, di mana pada semua tahapan ada kandungan retinolnya, misalnya toner, serum, krim, semuanya mengandung retinol. Cukup pilih salah satu saja!

BeautieSS Skincare

See all author post

Leave a Reply