image
Mengenal Penyebab Flek Hitam Dan Pencegahannya?

Mengenal Penyebab Flek Hitam Dan Pencegahannya?

Mengenal Flek Hitam Dan Apa Penyebabnya?

Flek hitam atau ephelis adalah istilah untuk kumpulan pigmen alami, atau melanin, yang berisi melanosome. Flek hitam dapat terlihat pada kulit wajah, dan juga dapat muncul pada bagian tubuh lainnya, seperti bagian lengan dan bahu.

Flek hitam merupakan kondisi yang wajar dan dapat terjadi di segala usia, terutama pada musim panas dan pada orang yang berkulit putih. Kondisi ini terjadi akibat peningkatan produksi pigmen alami kulit (melanin).

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam muncul karena peningkatan produksi melanin di kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari atau sinar ultraviolet. Melanin adalah pigmen alami yang menentukan warna kulit seseorang. Semakin banyak kandungan melanin pada kulit, maka semakin gelap kulit orang tersebut.

Flek hitam muncul saat kulit menyerap sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan peningkatan produksi melanin. Selanjutnya, bagian kulit yang memiliki banyak melanin atau mengalami penumpukan melanin, akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Flek hitam dapat dialami oleh semua orang disegala usia. Namun, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko munculnya flek hitam, yaitu:

  • Sering terpapar sinar matahari atau terpapar dalam waktu yang lama
  • Memiliki kulit putih atau cerah
  • Memiliki keluarga yang juga mengalami kondisi serupa (faktor genetik)

Gejala Flek Hitam

Flek hitam bukan suatu kondisi yang menimbulkan gejala tertentu. Meski demikian, kondisi ini memiliki karakteristik khas dari segi warna, bentuk, lokasi, dan pemicunya. Berikut adalah penjelasannya:

  • Warna
    Flek hitam umumnya tidak berwarna hitam, tetapi kemerahan atau kecokelatan dan lebih gelap dibanding area kulit sekitarnya.
  • Bentuk
    Flek hitam tampak seperti bercak atau titik-titik noda kecil (berukuran sekitar 1 mm) dan datar (tidak menonjol) yang menyebar di permukaan kulit.
  • Lokasi
    Flek hitam biasa muncul di wajah dan umumnya menyebar dari tulang hidung ke pipi. Flek hitam juga biasa muncul di leher, dada, dan lengan.
  • Pemicu
    Flek hitam biasa muncul setelah terpapar sinar matahari, seperti pada musim panas dan akan menghilang bila tidak terpapar sinar matahari.

Flek hitam umumnya pertama kali muncul pada masa kanak-kanak dan menghilang seiring pertambahan usia. Flek ini pun umumnya tidak menimbulkan rasa sakit dan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan.

Ciri-Ciri Flek Hitam

Tidak terlalu sulit untuk mengenali ciri – ciri flek hitam di wajah

  • Berwarna kecoklatan atau kehitaman dan biasanya flek hitam sebelum muncul akan berwarna kecoklatan terlebih dahulu kemudian akan berwarna hitam.
  • Berbentuk bintik atau bercak. Ukuran bersimetris.
  • Terdapat di sekitar pipi, dekat hidung atau dibawah mata.
  • Berjumlah cukup banyak karena bentuknya seperti bintik atau bercak.

BeautieSS Skincare

See all author post

Leave a Reply