image
Mengenal kandungan retinol, Andalan untuk anti penuaan

Mengenal kandungan retinol, Andalan untuk anti penuaan

retinol2

Hai BeautieSS – Retinol adalah kandungan bahan aktif turunan dari vitamin A yang banyak ditemukan dalam berbagai produk skincare. Fungsi retinol untuk wajah digadang-gadang dapat mengobati jerawat, memperbaiki warna kulit, hingga mencegah tanda-tanda penuaan. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat sebuah laporan ilmiah menemukan bahwa retinol adalah komponen retinoid yang dapat mencegah tanda-tanda penuaan dini akibat paparan sinar matahari. Misalnya, garis-garis halus di wajah, kerutan, keriput, kulit kasar, hingga hilangnya kekenyalan kulit.

Retinol dapat terbagi beberapa jenis berdasarkan kekuatannya. Adapun jenis retinol yang dapat diperoleh secara bebas di apotek adalah Retinil palmitat, retinol, retinaldehyde, dan adapalene.Sementara, jenis retinol yang memerlukan resep dokter adalah tretinonin, isotretinon, dan tazarotene. Ini karena ketiganya memiliki efek samping yang sangat kuat terhadap kulit. Memiliki nama dan fungsi yang mirip, banyak orang menganggap retinol dan retinoid merupakan istilah bahan aktif yang sama. Pada dasarnya, perbedaan retinol dan retinoid terletak pada kandungannya. Retinol yang diperoleh secara bebas di apotek cenderung memiliki kandungan yang lebih lemah. Sedangkan, retinoid terdapat pada kandungan obat-obatan yang sifatnya lebih kuat.

Apa manfaat retinol untuk wajah?

Retinol adalah kandungan bahan aktif pada skin care yang memang cocok untuk orang-orang berusia di atas 30 tahun. Meski demikian, tidak masalah bila beautieSS ingin menggunakan retinol sebelum usia menginjak 30 tahun sebagai langkah pencegahan terhadap tanda-tanda penuaan dini. Berikut adalah berbagai manfaat retinol untuk wajah.

1.Meningkatkan produksi kolagen

Salah satu manfaat retinol untuk wajah adalah meningkatkan produksi kolagen. Retinol adalah produk yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Artinya, kemungkinan munculnya keriput dan garis kerutan bisa dicegah. Tak hanya itu, fungsi retinol untuk wajah juga dapat membantu memastikan kolagen tetap berfungsi dengan optimal.

2.Mempercepat regenerasi kulit

Berikutnya, manfaat retinol untuk wajah adalah mempercepat regenerasi kulit sehingga membuat kulit tampak lebih cerah dan sehat. Retinol memberikan stimulasi agar kulit memproduksi sel kulit baru dengan cara mengangkat sel kulit mati.

3.Menghentikan pigmentasi

Manfaat retinol untuk wajah juga dapat menghentikan pigmentasi. Proses pigmentasi atau penggelapan kulit bisa menyebabkan warna kulit tidak merata. Retinol adalah kandungan bahan aktif yang dapat membantu menghentikan proses pigmentasi tersebut. Beberapa hasil study menemukan bahwa penggunaan retinol efektif dalam mengurangi pigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Fungsi retinol ini bekerja dengan meningkatkan regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin. Dengan ini, warna kulit terlihat merata. Meski demikian, perubahan signifikan mungkin dapat terlihat setelah penggunaan retinol selama setidaknya 3 bulan secara rutin.

4.Membersihkan pori-pori kulit

Penggunaan retinol mampu membersihkan pori-pori kulit
Membersihkan pori-pori kulit dapat menjadi manfaat retinol untuk wajah lainnya. Penumpukan minyak, kotoran, keringat, hingga sisa make up rentan menyumbat pori-pori sehingga menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Oleh karena itu, penggunaan retinol secara berkala dapat membersihkan pori-pori dari sumbatan pori-pori.

BeautieSS Skincare

See all author post

Leave a Reply