image
Ini dia 7 kandungan skincare terbaik tahun 2020 dan manfaatnya

Ini dia 7 kandungan skincare terbaik tahun 2020 dan manfaatnya

7 kandungan skincare terbaik

BeautieSS, rutin memakai skincare atau perawatan kulit? Pernah tidak memperhatikan isi kandungan skincare yang tertera di kemasannya?

Bagi perempuan, skincare sudah menjadi kebutuhan hidup selain pangan, sandang, dan papan. Meski mungkin ada yang mengelak dan mengatakan “Saya tidak memakai skincare apapun”. Ketahuilah, skincare bukan hanya produk perawatan berupa krim dan serum. Bahkan sabun pembersih wajah juga termasuk skincare loh. 

Sesuai dengan namanya, fungsi skincare adalah untuk merawat kulit wajah dan tubuh supaya bersih, sehat dan terlihat tetap awet muda. Produk perawatan ini mengandung bahan-bahan yang memiliki manfaat beragam, disesuaikan dengan jenis kulit dan tujuan penggunaan. Mulai dari memberi kelembapan, mencerahkan warna kulit hingga mengurangi kerutan.

Berikut 7 kandungan skincare terbaik 2020 dan manfaatnya

1 . Vitamin B3 (Niacinamide)

vitamin B3

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang merupakan nutrisi esensial untuk tubuh yang berperan penting untuk kesehatan kulit, sistem pencernaan, serta kesehatan mental.

 

Niacinamide adalah kandungan yang mudah ditemukan pada berbagai jenis skincare. Ini karena ada banyak manfaat niacinamide untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah yang bisa BeautieSS dapatkan bila digunakan secara rutin. Diantaranya dapat melembabkan kulit wajah, mengobati jerawat, mengatasi peradangan kulit, mengatasi noda hitam bekas jerawat, mengendalikan produksi minyak, mengurangii kerutan dan garis halus, melawan stress oksidatif , melindungi kulit dari paparan sinar matahari , mengecilkan pori-pori kulit dan dapat mencegah melanoma yaitu jenis kanker kulit

2. Salicylic Acid

acne brightening toner.
Produk Mengandung salycid acid
Bahan ini banyak digunakan dalam produk bebas untuk mengobati jerawat. Seperti AHA, Salicylic Acid mengelupas kulit, yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Namun, Salicylic Acid mampu menembus pori-pori dan mengurangi komedo dengan lebih sedikit iritasi dibandingkan AHA. 

 

Perlu diingat, BeautieSS tidak boleh menggunakan Salicylic Acid jika memiliki alergi terhadap aspirin atau produk lain dengan salisilat. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan memakai produk skincare yang mengandung Salicylic Acid. 

 

Meskipun jarang terjadi, waspadai jika ada gejala-gejala reaksi alergi seperti sakit tenggorokan, sulit bernapas, pingsan, dan bengkak di wajah atau lidah. Segera hubungi dokter jika beautieSS mengalaminya

3. Alpha Arbutin

Nano Brightening Serum
Produk Yang Mengandung Alpha Arbutin
Alpha Arbutin merupakan kandungan yang lazim ditemukan dalam berbagai produk kecantikan yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Sebelumnya, perlu BeautieSS ketahui bahwa warna kulit normal ditentukan oleh banyaknya melanin yang dihasilkan oleh melanosit. Melanin sendiri terbentuk melalui proses yang disebut melanogenesis dengan bantuan enzim tirosinase. Nah, penggunaa alpha arbutin dalam produk krim pemutih wajah diketahui dapat mencegah produksi enzim tirosinase, sehingga dapat mengurangi produksi melanin untuk menghasilkan warna kulit yang lebih cerah.

 

Kemampuan alpha arbutin untuk menghambat aktivitas produksi tirosinase menjadikannya solusi yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat serta memutihkan warna kulit yang tidak merata, seperti pada lutut dan ketiak. Menggunakan produk yang mengandung alpha arbutin juga membantu melindungi kulit BeautieSS dari sinar UV serta radikal bebas penyebab penuaan dini. Banyak dermatologis telah menyetujui penggunaan alpha arbutin sebagai agen pencerah untuk digunakan sebagai senyawa alternatif yang aman untuk mengatasi permasalahan kulit. beberapa di antaranya, hiperpigmentasi, melasma, chloasma, bahkan hingga freckles bahkan selama masa kehamilan.

4. Grafe Seed Extract (Vitis Vinifera Seed Oil)

brighteninag night cream
Produk Mengandung Grape seed Extract

Membantu mencegah timbulnya enzim yang merusak jaringan kolagen dan elastin yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit, jaringan, otot, dan pembuluh darah. Selain bermanfaat untuk Kesehatan kulit Grafe Seed Extract juga dapat membantu mengurangi resiko penyakit jantung, hipertensi, varises, retinopati dan katarak. Sebagai antioksidan melawan radikal bebas untuk mencegah terjadinya kanker, serangan jantung, penyakit alzheimer, arthritis dan penuaan dini. Menghambat enzim hialuronidase yang timbul sewaktu peradangan dan mengeluarkan histamin yang menyebabkan reaksi alergi, juga dapat mengurangi stress. Merupakan antioksidan yang dapat masuk ke pembuluh darah otak sehingga bermanfaat melindungi sel dan jaringan otak yang sangat peka terhadap serangan radikal bebas. Membantu proses pemulihan memar akibat kecelakaan. Menjaga kesehatan gigi dan gusi.

5. Squalene

acne brightening day
Produk Mengandung Squalene

Squalene adalah senyawa organik yang terdapat di dalam tubuh manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan. Pada manusia, senyawa ini dibentuk oleh organ hati dan bersirkulasi di dalam darah.

Squalene juga dikombinasikan dengan bahan lain di dalam produk perawatan kulit dan berguna untuk melembapkan kulit yang kering, karena squalene merupakan salah komponen yang membentuk minyak pada kulit. Selain itu, kandungan squalene juga dipercaya sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi, dengan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), serta menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Retinol

Krim Mata
Produk Mengandung Retinol

Terbuat dari vitamin A, retinol sering ditambahkan ke dalam krim wajah. Bahan ini meningkatkan jumlah kolagen yang dibuat oleh tubuh dan membuat kulit kenyal, mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Retinol juga mencerahkan warna kulit serta mengurangi bercak bercak.

 

Banyak dokter kulit meresepkan rekanan retinol yang lebih kuat seperti tretinoin, atau produk serupa, untuk memperlambat penuaan dini, meratakan warna kulit, dan membersihkan jerawat. Produk-produk bebas yang mengandung retinol mungkin lebih lemah, tetapi mereka masih bisa memperbaiki penampilan kulit.

 

Namun perlu diketahui, menggunakan produk berbasis retinol dapat membuat lapisan atas kulit kering dan bersisik. Cara terbaik untuk menerapkannya adalah di malam hari dan jangan lupa memakai pelembab dan tabir surya keesokan paginya.

6. Hyaluronic Acid

Beautiess Vitamin C+ Colagen Serum
Produk Mengandung Hyaluronic acid
Tubuh kita dapat membuat Hyaluronic Acid secara alami untuk menjaga agar jaringan tetap terlindungi dan terlumasi. Zat ini terdapat di kulit, cairan sendi, dan jaringan ikat. Dari waktu ke waktu, semakin sedikit Hyaluronic Acid yang bisa dihasilkan tubuh. Faktor usia, merokok, dan pola makan yang tidak sehat diduga menjadi penyebabnya.

 

Produk yang mengandung Hyaluronic Acid dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit. Zat ini bekerja sangat baik ketika digunakan bersamaan dengan produk vitamin C.

Nah BeautieSS ,Itulah 7 kandungan skincare dan beserta manfaatnya bagi kulit dan masing-masing kandungan telah ada pada produk beautieSS skincare. Sebelum membeli produk, sebaiknya ketahui dulu kandungan di dalamnya dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit.

Catatan editorArtikel ini telah mengalami perbaikan pada 26 Oktober 2020 Journal Socialla

 

Baca Juga : 7 Produk skincare terbaik 2020 untuk perawatan kulit kusam dan flek hitam

BeautieSS Skincare

See all author post

Leave a Reply