image
Mengenal Titanium Dioxide, Sang Penangkal Sinar UVA dan UVB dalam Kandungan Kosmetik

Mengenal Titanium Dioxide, Sang Penangkal Sinar UVA dan UVB dalam Kandungan Kosmetik

Titanium Dioxide

Hai beautieSS!! Berbicara mengenai manfaat titanium dioxide tentu kandungan yang satu ini sangat akrab bagi pengguna skincare, nah bagi yang suka hunting-hunting atau gonta-ganti sunscreen atau sunblock pasti kenal dong dengan yang namanya TiO2 atau lebih akrab kita sebut saja Titanium Dioxide.

Secara fisik TiO2 memiliki beberapa bentuk diantaranya berbentuk serbuk berwarna putih yang merupakan oksidasi dari unsur titanium. Karena pasti akan membosankan jika membahas bentuknya, Jadi kita bahas kegunaan dan manfaatnya saja, yuk!

Kegunaan

Karena TiO2 atau disebut juga Titanium Dioxide memiliki pigmen putih, maka TiO2 biasa digunakan dalam industri sebagai perwarna secara alami. Penggunaannya dalam industri cukup luas mulai dari pewarna cat, makanan, pasta gigi sampai kosmetik. Jika digunakan sebagai pewarna makanan kodenya adalah E171.

Sedangkan jika digunakan sebagai pigmen kosmetik kode nya adalah CL 77891. Namun jika di sektor medis dan farmasi, TiO2 atau Titanium Dioxide ini biasa digunakan sebagai bahan tambahan pembuat tablet atau pil.

BeautieSS baca deh info menarik di bawah ini mengenai TiO2 dalam perannya di dunia skincare serta manfaat titanium dioxide.

1. Titanium Dioxide dan UV Filter, Berkaitan Gak sih?

ilustrasi gambar

Kalau beautieSS suka dengan produk skincare yang berlabel mineral, natural atau memiliki jenis kulit sensitif dengan chemical protection, Titanium Dioxide dan temannya Zinc Oxide merupakan pilihan alami yang ada sebagai zat aktif  UV filter dengan kelebihannya, TiO2 berpotensi rendah untuk mencetuskan alergi pada kulit2 yang sensitif.

Untuk BeautieSS menginginkan SPF serta perlindungan ekstra, harus kenalan lho dengan TiO2 (Titanium Dioxide) Sebab, TiO2 (Titanium Dioxide) inilah yang akan menentukan seberapa besar SPF yang tercantum dalam suatu produk tabir surya , semakin tinggi persentase TiO2 (Titanium Dioxide), maka semakin besar juga angka SPF nya.


TiO2 (Titanium Dioxide) sebagai tabir surya memiliki kemampuan absorbing sinar UV yang kuat dan memiliki indeks refraksi yang tinggi. Dengan kemampuan seperti itu, TiO2 (Titanium Dioxide) bisa memantulkan kembali Sinar UVA dan UVB sekaligus.

2. Cocok untuk Kulit Sensitive?

ilustrasi gambar

Dibanding chemical sunscreen, physical sunscreen lebih lembut di kulit. Oleh sebab itu, sunscreen dengan titanium dioxide cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit sensitive.

BeautieSS Skincare

See all author post

Leave a Reply